TUGAS
PENGEMBANGAN KURIKULUM
Dosen pengampu
Ustadz Dr. Muhajir
Disusun oleh:
ADNAN
SHOFA AL MUTTAQI
(20140820011)
Di Susun Oleh
Adnan Shofa Al Muttaqi
20140820011
Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
FAKULTAS PENDIDIKAN
BAHASA
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
DAFTAR ISI ………………………………………………………………
- Pengertian Bahasa Arab………………………………………………......... 3
- Fungsi Bahasa Arab………………………………………………………… 3
- Tujuan Pembelajaran Bahasa Arab …………………………………............ 3
- Ruang Lingkup Materi …………………………………………………….. 3
- Kompetensi…………………………………………………………………. 5
- Indikator……………………………………………………………………. 5
- Kompetensi Per-Jenjang……………………………………………………. 5
- Menyimak…………………………………………………………………... 9
- Percakapan…………………………………………………………………. 10
10.
Jenis-Jenis Percakapan …………………………………………………….. 10
1.
PENGERTIAN BAHASA ARAB
Bahasa arab adalah Bahasa yang di pelajari dan digunakan dalam
keseharian guna untuk berinteraksi dengan lawan berbicara, agar bisa memahami
apa yang dimaksudkan dan dibicarakan. Biasanya Bahasa arab ini banyak digunakan
di sebagian Negara Arab dan sekitarnya.
2.
FUNGSI BAHASA ARAB
Sebagai Alat komunikasi seseorang dalam kehidupan sehari hari. Baik
secara langsung maupun tidak langsung.
3.
TUJUAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
1. untuk dapat memahami al-Quran dan hadist sebagai sumber hukum ajaran
islam
2. untuk dpat memahami buku-buku agama dan kebudayaan islam yang ditulis
dalam bahasa Arab
3. untuk dapat berbicara dan mengarang dalam bahasa Arab
4. untuk dapat digunakan sebagai alat pembantu keahlian lain (supplementary)
5. untuk membina ahli bahasa arab, yakni benar-benar profesional.
4.
RUANG LINGKUP MATERI
A. Bentuk
Kata ( sharfiy)
1. Isim
a. Ismul isyara untuk mufrad.
b. Damair untuk mufrad dan jama’.
c. Muannas dan muzakar.
d. Beberapa zorful makan dan zorfuz zaman.
e. mufrad dan jama’.
f. al-mausul meliputi “Allati, Alladzi, alladzina”
g. Isim tafdil dari kata sifat Tsulatsa.
a. Ismul isyara untuk mufrad.
b. Damair untuk mufrad dan jama’.
c. Muannas dan muzakar.
d. Beberapa zorful makan dan zorfuz zaman.
e. mufrad dan jama’.
f. al-mausul meliputi “Allati, Alladzi, alladzina”
g. Isim tafdil dari kata sifat Tsulatsa.
2. Fi’il
a. Fiil amr, mudari’, madhi dengan berbagai tasrifannya.
b. Auzanu tsulatsi mazid yang tinggi frekuwensinya.
a. Fiil amr, mudari’, madhi dengan berbagai tasrifannya.
b. Auzanu tsulatsi mazid yang tinggi frekuwensinya.
3. Harfun
a. Beberapa haruf jar.
b. La nafiyah, la, an, lam, lan dan lamut-ta’lil sebelum fi'il mudari’.
a. Beberapa haruf jar.
b. La nafiyah, la, an, lam, lan dan lamut-ta’lil sebelum fi'il mudari’.
B. Struktur
Kalimat
Struktur kalimat yang mengandung fungsi:
Struktur kalimat yang mengandung fungsi:
1. Fail yang berupa
ismun zahir dan dhomiru muttasilu marfun.
2. Mafulun bih yang
berupa ismun dzhohir.
3. Mubtada yang berupa
ismun dzohir.
4. Khobar mubtada yang
berupa kata benda, kata sifat, jar majrur, dan fi’il mudari' dengan domir
kembali kepada mubtada.
5. Na’tun yang berupa
kata sifat.
C. Kosakata
Kosa kata yang perlu
dikuasai secara mendalam berjumlah 700 kata dan ungkapan yang sering digunakan
didalam kehidupan sehari-hari. Yang berkenaan dengan lingkungan sekolah dan
rumah yang berhubungan dengan dengan bahasa Arab.
5.
KOMPETENSI
1.
Mendengarkan/Istima’
Memahami
berbagai nuansa makna ragam teks lisan dengan ragam variasi tujuan komunikasi
dan konteks.
2.
Berbicara/Kalam
Mengungkapkan
berbagai gagasan dan tujuan ragam nuansa makna secara lisan dalam berbagai teks
lisan dengan ragam variasi tujuan komunikasi dan konteks
3.
Membaca/Qira’ah
Membaca
dan memahami berbagai nuansa makna yang dijumpai dalam berbagai teks tertulis
dengan variasi tujuan komunikasi struktur kalimat dan ciri-ciri bahasanya
4.
Menulis/Kitabah
Mengungkapkan
makna kata, frase dan kalimat secara tertulis sesuai dengan tujuan
komunikasinya dengan struktur kalimat yang lazim digunakan
6.
INDIKATOR
1.
engulangi beberapa kalimat dalam hiwar yang diperdengarkan dengan baik
dan benar2.
2.
mengidentifikasi bunyi kata-kata yang diperdengarkan.
3.
mengidentifikasi bunyi ungkapan yang diperdengarkan.
4.
mengidentifikasi bunyi kalimat yang diperdengarkan.
5.
memilih kata sesuai makna ungkapan kalimat yangdiperdengarkan..
6.
memilih ungkapan sesuai dengan makana ungkapan kalimatyang diperdengarkan.
7.
memilih jawaban yang disediakan sesuai dengan
pertanyaanyang diperdengarkan.
8.
memilih gambar yang disediakan sesuai dengan
ungkapanyang diperdengarkan
7.
KOMPETENSI PER JENJANG
1.
Kelas VII
2.
Kelas VIII
3.
Kelas IX
1.
Kelas VII
·
Peserta didik mampu melafalkan 500 kosa kata (300 kosa kata lama +
200 kosa kata baru) dan ungkapan Bahasa Arab dengan makhraj dan intonasi yang
baik dan benar.
·
Peserta didik mampu membaca dan memahami makna kata-kata, makna
wacana, dan ungkapan/idiom yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari di
lingkungan madrasah, rumah, dan yang berhubungan dengan aqidah, ibadah, dan
akhlaq.
·
Peserta didik mampu memahami susunan kalimat dengan struktur
kalimat yang meliputi bentuk-bentuk mufrad dari isim zhahir, isim
dhamir, isim isyarah, khabar muqaddam, na’at, an ‘adad (hitungan) 0 – 10,
serta adawat al-jar.
·
Peserta didik mampu menggunakan kata-kata, ungkapan dan susunan
kalimat yang diajarkan dalam percakapan sederhana.
·
Peserta didik mampu menggunakan kata-kata, ungkapan dan susunan
kalimat yang diajarkan dalam percakapan sederhana.
·
Peserta didik mampu menyusun kalimat-kalimat Arab dalam insya’
muwajjah dengan kata-kata dan struktur kalimat yang diajarkan.
2.
Kelas VIII
1.
Menyimak
Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang jam/pukul berapa, kegiatan di madrasah dan kegiatan di rumah
1.1 Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frase atau kalimat) tentang:
الساعة - النشاطات في المدرسة - النشاطات في البيت
1.2 Menemukan informasi dari wacana lisan sederhana tentang :
الساعة - النشاطات في المدرسة - النشاطات في البيت
1.3 Merespon gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang:
الساعة - النشاطات في المدرسة - النشاطات في البيت
Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang jam/pukul berapa, kegiatan di madrasah dan kegiatan di rumah
1.1 Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frase atau kalimat) tentang:
الساعة - النشاطات في المدرسة - النشاطات في البيت
1.2 Menemukan informasi dari wacana lisan sederhana tentang :
الساعة - النشاطات في المدرسة - النشاطات في البيت
1.3 Merespon gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang:
الساعة - النشاطات في المدرسة - النشاطات في البيت
2.
Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang jam/pukul berapa, kegiatan di madrasah dan kegiatan di rumah.
Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang jam/pukul berapa, kegiatan di madrasah dan kegiatan di rumah.
2.1 Melakukan dialog
sederhana tentang
الساعة - النشاطات في المدرسة - النشاطات في البيت
الساعة - النشاطات في المدرسة - النشاطات في البيت
2.2 Menyampaikan
informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang:
الساعة - النشاطات في المدرسة - النشاطات في البيت
الساعة - النشاطات في المدرسة - النشاطات في البيت
3.
Membaca
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang jam/pukul berapa, kegiatan di madrasah dan kegiatan di rumah.
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang jam/pukul berapa, kegiatan di madrasah dan kegiatan di rumah.
3.1
Melafalkan huruf
hijaiyah, kata, frase, kalimat dan wacana tertulis dengan baik dan benar
tentang:
الساعة - النشاطات في المدرسة - النشاطات في البيت
الساعة - النشاطات في المدرسة - النشاطات في البيت
Mengidentifikasi
kata, frasa, dan kalimat wacana tertulis sederhana tentang:
الساعة - النشاطات في المدرسة - النشاطات في البيت
الساعة - النشاطات في المدرسة - النشاطات في البيت
Menemukan makna,
gagasan atau pikiran dari wacana tertulis sederhana tentang:
الساعة - النشاطات في المدرسة - النشاطات في البيت
الساعة - النشاطات في المدرسة - النشاطات في البيت
4. Menulis
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, pengalaman dan informasi melalui kegiatan menulis tentang
jam/pukul berapa, kegiatan di madrasah dan kegiatan di rumah 4.1 Menulis kata,
frasa, kalimat sederhana tentang:
الساعة - النشاطات في المدرسة - النشاطات في البيت
Tema-tema tersebut menggunakan struktur kalimat:
جملة اسمية – مفعول به – جملة فعلية
الساعة - النشاطات في المدرسة - النشاطات في البيت
Tema-tema tersebut menggunakan struktur kalimat:
جملة اسمية – مفعول به – جملة فعلية
3.
Kelas IX
1.
Menyimak
Memahami informasi lisan melalui kegiatan
mendengarkan dalam bentuk paparan atau
dialog sederhana tentang hobi dan profesi
1.1 Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frase atau kalimat) tentang:
الهواية – المهنة
1.2 Menemukan informasi dari wacana lisan sederhana tentang :
الهواية - المهنة
1.1 Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frase atau kalimat) tentang:
الهواية – المهنة
1.2 Menemukan informasi dari wacana lisan sederhana tentang :
الهواية - المهنة
2. Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang Hobi dan Profesi 2.1 Melakukan dialog sederhana tentang:
الهواية - المهنة
2.2 Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang:
الهواية - المهنة
Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang Hobi dan Profesi 2.1 Melakukan dialog sederhana tentang:
الهواية - المهنة
2.2 Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang:
الهواية - المهنة
3. Membaca
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang hobi dan profesi
3.1 Melafalkan huruf hijaiyah, kata, frase, kalimat dan wacana tertulis dengan baik dan benar tentang:
الهواية - المهنة
3.2 Mengidentifikasi kata, frasa, dan kalimat wacana tertulis sederhana tentang:
الهواية - المهنة
3.3 Menemukan makna, gagasan atau pikiran dari wacana tertulis sederhana tentang:
الهواية - المهنة
4. Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan informasi melalui kegiatan menulis tentang hobi dan profesi 4.1 Menulis kata, frasa, kalimat sederhana
tentang:
الهواية - المهنة
4.2 Mengungkapkan informasi dan gagasan secara tertulis dalam kalimat sederhana tentang:
الهواية - المهنة
Tema-tema
tersebut menggunakan struktur kalimat :
( أن ، لن ، لـ ) + فعل مضارع - فعل مضارع + مصدر مؤول
( أن ، لن ، لـ ) + فعل مضارع - فعل مضارع + مصدر مؤول
8.
MENYIMAK
3 proses menyimak :
menerima (receiving)
memperhatikan (attending)
menandai (assigning)
makna
9.
PERCAKAPAN
3
proses percakapan:
·
memulai percakapan
·
melanjutkan percakapan
·
mengakhiri pecakapan
Dicontohkan 10 jenis
percakapan.
1.
menganalisa
iklan/propaganda.
2.
membandingkan pelaku
dalam dua cerita,
3.
mendiskusikan secara
mendalam pertanyaan-pertanyaan untuk interview,
4.
mendesain gambar di
dinding atau bulletin yang di temple di papan,
5.
menilai efektivitas
program tutorial beda umur
6.
berbagi menulis
dalam kelompok dan memperoleh masukan dari teman,
7.
menulis tulisan
untuk pertunjukkan drama/puisi,
8.
mendiskusikan berbagai
tanggapan bab tertentu,
9.
membuat klaster tentang informasi kegiatan
kelas/sekolah/rumah/masyarakat, dan
10. merencanakan kegiatan bercerita
Tidak ada komentar:
Posting Komentar